Skip to content

KEKAYAAN ATAU KUTUKAN

22 Juli 2011

mungkin banyak dari kita yang berpikir bahwa negara- penghasil minyak warganya akan makmur, namun dalam kenyataannya banyak negara timur tengah penghasil migas justru rawan konflik. itulah yang terjadi di Libya dan mesir.

Buku Escaping the Resource Curse suntingan Macartan Humpray, Jeffrey Sachs dan Joseph Stiglitz menjelaskan, negara yang punya sumber daya alam yang melimpah justru sering gagal mendapatkan manfaat jangka panjang dari kekayaan alamnya. Daerah kaya malah jadi lebih miskin dan bermasalah dari daerah lain dengan sumber daya alam terbatas. Apakah hal serupa yang di alami negri kita yang konon katanya juga punya kekayaan alam yang melimpah.

Mungkin hasil alam ini hanya di nikmati orang tertentu dan yang pasti negeri ini juga sering terjadi konflik. Misal saat usai hasil pemilu atau pilkada pendukung calon yang kalah akan menggelar demo besar-besaran yang melibatkan pengangguran dan rakyat miskin dengan di bekali uang saku 40 ribu mungkin. Para calon pemimpin pun rela kehilangan modal tinggi dan mungkin jika di hitung gajinya selama menjabat tak mampu untuk mengembalikan modal pencalonannya namun demi menguasai hasil alam yang ada semua akan di lakukan, proyek pun tak kan berjalan tanpa persetujuan kepala daerah mungkin itulah yang memicu konflik daerah dengan sumber daya alam yang melimpah

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: